Rabu, 27 Februari 2013

SERAT- SERAT SINTETIS



Serat sintetis


Serat sintetis merupakan hasil pengembangan yang ekstensif oleh para ilmuwan untuk memperbaiki sifat- sifat serat hewan alami (seperti serat sutera dan wool)  dan serat tanaman seperti serat katun dan ramie). Secara umum, serat sintetis diciptakan dengan merekayasa, atau meng- ekstrusi, bahan pembentuk serat melalui lubang-lubang amat kecil dengan tekanan tinggi  (disebut spinneret) ke udara, sehingga membentuk benang. Lubang spinneret adakalanya bentuk round atau triangle atau trilobal yang akan menentukan bentuk fillament yang dihasilkan. Sebelum serat sintetis berhasil dikembangkan, serat selulosa dibuat dari selulosa alami yang berasal dari tanaman atau hewan.


Gambar Spinneret,

Serat buatan pertama, yang dikenal sebagai Art Silk dibuat pada tahun 1799 dan seterusnya, dan kemudian ditemukan serat viscose sekitar tahun 1894, dan akhirnya Rayon berhasil ditemukan pada tahun 1924. Sebuah produk serupa yang dikenal sebagai selulosa asetat ditemukan pada tahun 1865. Rayon dan asetat keduanya serat buatan, tetapi tidak benar-benar sintetis, yang bahan dasarnya  adalah dari kayu, disebut regenerated fiber. Meskipun serat buatan ditemukan di pertengahan abad kesembilan belas, namun  manufaktur modern yang sukses dipasarkan  di era tahun 1930-an. Kemudian Nilon, serat full sintetis pertama, memulai debutnya di Amerika Serikat sebagai pengganti sutra, dan digunakan untuk parasut dan kegunaan  militer lainnya.

Teknik yang digunakan untuk mengolah serat benang pada dasarnya sama dengan serat alami, modifikasi harus dilakukan karena serat buatan ini merupakan serat sangat panjang, dan tidak memiliki tekstur seperti pada kapas dan wol yang memerlukan proses tambahan yang berhubungan dengan serat buatan manusia.

Benang Polyester:
  
Polyester adalah kategori polimer yang terutama terdiri dari Polyethylene Terephthalate (PET), yaitu polimer sintetik yang terbuat dari PTA (Purified Terephthalic Acid – C6H4(COOH)2  dan MEG (Mono Ethylene Glycol – C2 H6 O2).

Benang Polyester adalah produk utama dalam kategori produk berbahan polyester. Hampir 40% dari produksi dunia polyester secara langsung digunakan untuk membuat Benang Polyester. Selebihnya dipakai untuk botling (botol aqua), film, bahan insulasi, dll.


Penggunaan utama Polyester di bidang Tekstil adalah untuk membuat Benang Polyester.  Polyester dalam berbagai bentuk digunakan secara luas dalam aplikasi tekstil untuk membuat Benang polyester Bertekstur (PET) Resin dan Filament Yarn seperti Partialy Oriented Yarn (POY), Benang Polyester Drawn Textured Yarn (DTY), Polyester Fully Drawn (FDY), Polyester Staple Fiber (PSF ), Polyester Spun Yarn (PSY), Benang Teknis, Benang untuk Ban (tire) dan Benang Mono Filamen. Benang polyester  juga digunakan dalam pembuatan aplikasi kemasan seperti film poliester, kaset insulasi, dan beberapa item penggunaan sehari-hari.





Benang Filamen Polyester  digunakan dalam merajut & tenun untuk membuat kain poliester seperti kain konsumen dan home furnishing seperti seprai tempat tidur dan tirai. Demikian pula Benang Polyester kekuatan tinggi untuk industri dapat digunakan untuk membuat tali, ban berjalan, sabuk pengaman & kain ban.



Polyester Staple Fiber terutama digunakan sebagai serat pengisi untuk bantal, sofa & beddings.
Dahulu benang polyester dianggap kurang nyaman dipakai /un comfortable untuk pakaian karena serat polyester termasuk serat hydro phobic/ susah menyerap air atau keringat. Namun berkat kemajuan teknologi, sekarang serat polyester bisa direkayasa agar dapat menyerap air atu mengalirkan udara (hollow fiber), sehingga sekarang baju- baju olah raga terkenal justru dibuat dengan menggunaakan bahan polyester yang sudah direkayasa dapat menyerap air  dan dapat "bernafas" (Breathable/ Breeze  polyester). Dalam beberapa test, satu lembar handuk Breeze polyester disandingkan dengan handuk 100% cotton. Ketika keduanya ditetesi air, ternyata handuk breeze polyester lebih cepat menyerap air dibanding handuk katun, bahkan handuk breeze polyester menghisap dan menyebarkan air keseluruh daerah, tidak hanya spot- spot.


Aneka jenis benang Polyester

Benang Berorientasi Sebagian (POY)
Benang Ber- orientasi Sebagian (POY) adalah bentuk utama Benang Polyester dikategorikan dalam POY Bright, Dull, atau Semi Dull. Adakalanya dicelup warna terang dalam berbagai warna (Yarn dyed).

Benang Bertekstur Drawn (DTY)


Benang Bertekstur Drawn (DTY) adalah benang bertekstur yang digunakan secara luas dalam industri tekstil. DTY tersedia dalam spesifikasi yang berbeda seperti Non Intermingled, Semi Intermingled, Soft intermingle, dsb. Benang bertekstur biasanya dipakai untuk pakan/Filling Yarn, karena teksturnya yang keriting memungkinkan benang ini mudah dibawa oleh semburan angin/ air jet, sehingga pemakaian angin lebih hemat dibanding benang yang tidak bertekstur/ flat fillament.


Benang Drawn Sepenuhnya (FDY)


Benang Sepenuhnya Drawn (FDY), juga dikenal sebagai Spinning Draw Yarn (SDY) memiliki kegunaan  luas digunakan dalam pembuatan benang kain. FDY dapat dikategorikan dalam aneka karakter seperti Bright, Semi Dull, Kationik, Triloble, dsb

Benang Polyester Tenacity tinggi (HT)



Benang Polyester Tenacity tinggi (HT) adalah benang industri terutama digunakan dalam terpal, tali keperluan industri lainnya.Benang HT tersedia dalam benang dengan penyusutan tinggi atau rendah.

Benang Polyester  Mono Fillament



Benang Mono Polyester Filament adalah Benang Polyester dengan filamen tunggal. Hal ini dapat diproses dengan putaran langsung atau dengan membelah benang induk. Benang Mono memiliki variasi sebagai Semi Dull, filamen Dope Mono, dicelup dalam warna terang. Benang mono filament biasa dipakai untuk jaring/ net, mesh filter, dan aneka kegunaan lainnya.


Serat Staple  Polyester



Polyester Staple Fibre (PSF) adalah jenis Serat Polyester banyak digunakan dalam proses non-woven. Jenis PSF adalah 100% bahan asal (Virgin) PSF, PSF Recycled, Semi Dull, Bright, Super Bright, siliconized, Konjugasi Hollow (HCS), Slick, Dope Dicelup Putih Optical PSF, dsb.


Dari untaian polyester fillament  serat tadi dipotong potong menggunakan rotary cutter dengan panjang sesuai dengan keperluan, misalnya 38 mm, 44 mm, 51 mm dan lain sebagainya. pada saat proses pemotongan serat diberikan hembusan agar serat-serat yang telah terpotong pendek-pendek dapat terurai satu sama lain. Serat yang telah selesai dipotong dikemas pada mesin baling press dengan standar berat sekitar 350 kg per bal. Selain kehalusan (denier) serat dan panjang serat, kilau (luster) juga merupakan spesifikasi yang sangat penting, misalnya bright, Super bright semi dull atau dull. Serat poliester merupakan bahan baku bagi pabrik pemintalan (spinning) yang membuat benang pintal.
Dari Staple Fibre inilah sebagian dipintal pada mesin spinning menjadi benang Spun Polyester seperti keterangan dibawah.

Benang 
 Spun Polyester


Benang Polyester Spun yaitu serat polyester yang dipintal, terutama digunakan untuk kain rajut & kain tenun. Untuk kain rajut, pada benang diberikan twist yang lebih rendah dibanding benang untuk tenun, dan biasanya dilapisi dengan Wax. Namun pada benang spun polyester, dianjurkan untuk juga memakai wax untuk lusi untuk mengurangi terjadinya "shigoki neps". Di PT. KTI, dengan menggunakan spun polyester wax, dapat mengurangi shigoki neps dengan significant. Benang pintal polyester juga digunakan dalam pembuatan benang jahit bordir. Hal ini dapat diproduksi dari bahan asal (Virgin) atau Daur Ulang, misalnya dari pengumpulan botol air kemasan bekas. Benang dengan wax atau Un wax umumnya tersedia sesuai permintaan, dalam pintalan double/ ganda atau tunggal/ single. ... 

Benang Emrboidery


Benang Bordir Polyester  terutama digunakan dalam pekerjaan Bordir. Hal ini terutama dibuat untuk FDY Polyester tersedia dalam berbagai jenis warna


Catatan:
Diijinkan untuk mengutip sebagian kecil artikel ini--tidak boleh seluruhnya -- untuk dimuat di situs lain dengan menyebutkan link dan sumber. Apabila ditemukan copy/paste seluruh artikel atau tanpa menyebutkan sumber, akan diajukan ke DMCA Google Complaints supaya di-banned dari Google search. Harap maklum.




Lihat: 
http://www.indiamart.com/kaykay-international/products.html



3 komentar:

  1. Kak ijin copas seluruhnya ya, buat ngerjain tugas kak

    BalasHapus
  2. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    BalasHapus